Rumah Sunat Solo

085-647-283-432 Penatalaksanaan Akupunktur Pada Kasus Batu Ginjal

Pengertian
 Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah suatu kondisi ketika material keras yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal.
 Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.
Tanda Gejala
 Tidak akan dirasakan penderitanya jika batu ginjal berukuran sangat kecil
 Terjadi keluhan jika batu berukuran lebih besar dari diameter saluran ureter.
 Batu yang besar akan bergesekan dengan lapisan dinding ureter sehingga menyebabkan iritasi dan bahkan luka dan urine kadang bisa mengandung darah.
 Selain mengiritasi ureter, batu ginjal juga bisa tersangkut di dalam ureter atau uretra (saluran akhir pembuangan urine) sehingga terjadi akumulasi bakteri dan bisa menyebabkan pembengkakan akibat infeksi.
 Jika batu bergesekan dengan ureter di antaranya adalah nyeri pada pinggang, perut bagian bawah atau samping, dan selangkangan yang dapat disertai mual.
 Jika ginjal mengalami infeksi ginjal di antaranya urine tampak keruh dan berbau tidak sedap, badan lemas, menggigil, dan demam tinggi.
Faktor Resiko
 Riwayat kesehatan keluarga yang pernah mengalami batu di ginjal.
 Dehidrasi atau tubuh yang kekurangan cairan bisa menjadi penyebab batu ginjal
 Diet-diet tertentu, seperti diet yang tinggi protein, sodium, dan gula bisa menjadi risiko penyebab batu ginjal.
 Obesitas atau berat badan berlebih juga bisa menjadi penyebab batu ginjal
 Penyakit pencernaan dan operasi pencernaan. Operasi lambung (gastric bypass surgery), infeksi usus, atau diare kronis bisa menyebabkan perubahan di dalam proses pencernaan yang memengaruhi penyerapan kalsium dan air, meningkatkan kadar tingkat pembentukan batu di dalam urin
 Kondisi risiko batu ginjal termasuk renal tubular acidosis, cystinuria, hyperparathyroidism, obat-obatan tertentu, dan beberapa infeksi kandung kemih.
Diagnosis
 Anamnesas seputar gejala-gejala yang telah dialami.
 Riwayat pasien pernah menderita batu ginjal sebelumnya, memiliki riwayat keluarga berpenyakit sama, atau apakah pasien sering mengonsumsi makanan atau suplemen yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal.
 Tes-tes laborat dan radiologi
 pemeriksaan urine
 pemeriksaan darah
 Pemindaian (misalnya USG, rontgen, CT scan, dan intravenous urogram/IVU)
Treatment
 Tergantung jumlah dan ukuran
 Cukup minum air putih saja
 Obat analgesia dan NSAID
 Obat peluruh batu ginjal
 Operasi
 Akupunktur*
Pencegahan
 Cukup minum air putih
 Membatasi konsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang mengandung zat-zat yang berpotensi menyebabkan terbentuknya batu ginjal, seperti zat oksalat, suplemen kalsium, dan protein hewani
 Obat pencegah kekambuhan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *